Sejarah Suku Moi
Menurut Bapak Silas Onge Kalami sejarah yang diceritakan oleh para orang tua adat,peradaban suku Moi berawal
dari dua kekuatan: yaitu Tambrau dan Maladofok. Tambrau adalah sebagai kekuatan
untuk Laki-laki dan Maladofok adalah sebagai kekuatan untuk Perempuan.Tamrau
dan Maladofok merupakan kedua tempat keramat suku Moi yang dipercayai
mengandung kekuatan magis yang tidak bisa dilewati oleh sembarang orang,selain
yang memiliki kemampuan dan kekuatan khusus.Di kedua tempat ini terdapat
sejumlah benda keramat berbentuk panci,wajang,kapak,dan lani- lain.
Foto Ketua Adat Suku Moi Bapak Silas Onge Kalami Bersama Istrinya Menjelaskan Sejarah Suku Moi |
Karena
dipercaya sebagai tempat keramat dan pusat peradaban suku Moi pertama kali
dalam legenda peradaban suku-suku di Papua,dengan demikian maka kedua tempat
ini dijaga dan dihormati oleh suku-suku Moi sampai sekarang.Jika ada pihak luar
yang mencoba menganggu maka suku-suku Moi akan marah dan melakukan tindakan
untuk mengusir pihak luar tersebut.
Budaya dan Adat Suku Moi di Kota dan
Kab.Sorong
Provinsi Papua Barat
Ini adalah sebua tradisi adat suku moi di Kota dan
Kabupten Sorong. kepala burung Propinsi Papua Barat. Seperti yang telah kita
ketahui bersama bahwa Negara kita Indonesia memiliki berbagai ragam suku, ras
dan Bahasa yang berbeda dari ujung Timur sampai Barat.
Pakaian Adat Suku Moi
pakai Adat Suku Moi sering di gunakan pada saat penjemputan tamu atau
rittual -rittual Adat.dan upacara-upacara pembukahan lahan baru yang, dua jenis pakaian adat suku moi yang di pakai
dalam penjemputan Bupati,Gubernur yang sering di gunakan bagi Kaum pria,sedangkan
pembukaan pembongkaran lahan barau itu di pakai oleh kaum Pria atau tetua- teua
_________________________________________________________________________
ALIANSI MASYARAKAT
ADAT NUSAN TARA (AMAN)
PROFIL KOMUNITAS MASYARAKAT ADAT
SUKU MOI
PD AMAN SORONG MALAMOI KELIM
KABUPATEN SORONG PROVINSI PAPUA BARAT
B. Sejarah Singkat Malamoi
I. Moi Kalasa
VI. Moi Malayik
6. Moi Seget
9 .Moi Abun
1. Suwalik
2. Mialim 3. Faam(yekwam)
4. Tiplu (yeblo) 5. Kibiy
10 Moi Malaibin (dalam)
1. Saden
2. Satenes
3. Kalagilila 4. Meder
5. Kampak
6. Kalafuyu
_______________________________________________________________________
ALIANSI MASYARAKAT
ADAT NUSAN TARA (AMAN)
PROFIL KOMUNITAS MASYARAKAT ADAT
SUKU MOI
PD AMAN SORONG MALAMOI KELIM
KABUPATEN SORONG PROVINSI PAPUA BARAT
Alamat : Jalan.Moyo Km, 12 Klasaman Distrik Sorong Timur Kota Sorong
A.
PENDAHULUAN
BIODATA SAYA SECARA SINGAT
Nama
saya,Ferdinand Siwele Dari Kabupaten Sorong ,komunitas Moi Klim, Tempat tanggal
Lahir Mega,17 Agustus 1989 , Anak dari Ayah Korinus Siwele dan Ibu Dorkas
Malamuk Dari 5 bersaudara saya anak yang
ke Lima, Pendidikan terakhir saya
(S1
) Komputer.
FUNGSI KERJA LEMBAGA MASYARAKAT ADAT
SUKU MOI
KABUPATEN SORONG PROVINSI PAPUA BARAT
PD AMAN SORONG MALAMOI
Alamat : Jalan Moyo Km12 Klasaman Distrik Sorong TimurKota Sorong
- Kelembagaan Adat:
Lembaga
Masyarakat Adat ( LMA) mempunyai fungsi
:
Sebagai penampung dan penyalur
pendapat atau aspirasi masyarakat kepada pemerintah setempatSebagai sarana
untuk menyelesaikan perselisihan yang menyangkut hukum adat istiadat dan
kebiasaan-kebiasaan masyarakat.
Sebagai pelaksana dalam pemberdayaan,pelestarian dan pengembangan adat
istiadat dan kebiasaan-kebiasaan masyarakat dalam rangka memperkaya budaya
masyarakat serta memberdayakan masyarakat dalam menunjang penyelenggaraan
pemerintahanSebagai penyokong dalam pelaksanaan pembangunan dan pembinaan
kemasyarakatan; danSebagai pencipta hubungan yang demokratis dan harmonis serta
obyektif antara kepala adat/pemangku adat/ketua adat atau pemuka adat dengan
aparat pemerintah setempat.
Sebagai fasilitator untuk
meningkatkan peran aktif masyarakat, terutama dalam pengembangan dan pelestarian
nilai-nilai budaya yang ditujukan untuk menjunjung pemberdayaan masyarakat.
Sebagai lembaga sosial
tradisional yang berfungsi untuk menyelesaikan konflik yang terjadi diantara
warga masyarakat.
Lembaga
Masyarakat Adat Suku Moi (LMA) Mempunyai Wewenang sebagai berikut :
·
Mengatur, mengurus dan menyelesaikan
berbagai permasalahan kehidupan yang berkaitan dengan adat istiadat dan hukum
adat setempat.
·
Mewakili masyarakat adat berhubungan
keluar, yaitu dalam hal menyangkut kepentingan yang mempengaruhi adat.
- Mengelola
hak-hak adat dan harta kekayaan adat untuk meningkatkan kemajuan dan taraf
hidup masyarakat kearah yang lebih baik.
- Menyelesaikan
perselisihan yang menyangkut perkara perdata dan pidana ringan di setiap
jenjang organisasi lembaga adat sepanjang penyelesaianya itu tidak
bertentangan dengan peraturan perundangan-undangan yang berlaku.
lembaga adat
Sangant diperlukan
Lembaga ini diperlukan oleh
masyarakat karena merupakan kebutuhan masyarakat adat dan menjadi mitra
pemerintah dalam memberdayakan masyarakat. Permasalahan yang ada di desa yang
berkaitan dengan adat istiadat, tidak harus dilakukan melalui aspek legalitas
karena secara normatif sesungguhnya, aspek adat istiadat dan budaya dapat
dikelola melalui lembaga di masyarakat setempat.
Lembaga Adat adalah lembaga
kemasyarakatan baik yang sengaja dibentuk maupun yang secara wajar telah tumbuh
dan berkembang di dalam sejarah masyarakat atau dalam suatu masyarakat hukum
adat tertentu dengan wilayah hukum dan hak atas harta kekayaan di dalam hukum
adat tersebut, serta berhak dan berwenang untuk mengatur, mengurus dan
menyelesaikan berbagai permasalahan kehidupan yang berkaitan dengan dan mengacu
pada adat istiadat dan hukum adat yang berlaku.
STRUKTUR ORGANISASI MASYARAKAT
ADAT SUKU MOI
KABUPTEN SORONG PROVINSI PAPUA
BARAT MANOKWARI
Alamat : Jalan.Moyo Km, 12 Klasaman Distrik
Sorong Timur Kota Sorong
B.
Struktur Lembaga
Ada
Ketua Adat
Berfungsi mengurus masyarakat adat dan mengatur batas wilayah adat anatara marga
dengan marga dan bertugas sebagai pengambailan keputusan di masyarakat adat
suku moi terkait kasus pembunuhan persihan.
Sekretaris Adat
Bertugas sebagai bagian admistrasi tentang
pembuatan surat- suarat yang pengurusan adat dan pertemuan- pertemuan yang
mennyangkut tampal batas batas antara marga dan marga.
Bendahara
Bertugas mengurus keuangan yang di anggarkan
dari Pemerintah Kabupaten sorong tentang rapat pengurus adat yang di selenggarakan
di komuitas masyarakat adat
Biro Adat
Bertugas mengurus Tanah tanah sengketan yang
tidak memiliki sertifikat tanah
Biro
Huku Adat
Bertugas mengurus masalah muda mudi yang berpacaran di luar nikah
sampai terjadi hamil di luar nikah
Anggota
Bertugas
sebagai perkerja lapangan di komuitas masyarakat adat
C.
Sejarah Adat Suku Moi
Menurut Ketua Lembaga Adat Suku Bapak Silas Kalami.”Bawah sejarah
yang diceritakan oleh para orang tua adat,peradaban suku Moi berawal dari dua kekuatan:
yaitu Tambrau dan Maladofok. Tambrau adalah sebagai kekuatan untuk Laki-laki
dan Maladofok adalah sebagai kekuatan untuk Perempuan.Tamrau dan Maladofok
merupakan kedua tempat keramat suku Moi yang dipercayai mengandung kekuatan
magis yang tidak bisa dilewati oleh sembarang orang,selain yang memiliki
kemampuan dan kekuatan khusus.Di kedua tempat ini terdapat sejumlah benda
keramat berbentuk panci,wajang,kapak,dan lani- lain.
Karena dipercaya sebagai tempat keramat dan
pusat peradaban suku Moi pertama kali dalam legenda peradaban suku-suku di
Papua,dengan demikian maka kedua tempat ini dijaga dan dihormati oleh suku-suku
Moi sampai sekarang.Jika ada pihak luar yang mencoba menganggu maka suku-suku
Moi akan marah dan melakukan tindakan untuk mengusir pihak luar tersebut. ** Ferddy Siwele
Malamoi berasal dari dua suku kata: MALA yang
berarti gunung atau dataran luas, dan MOI yang berarti halus, lembut. Kata ini lahir pada saat
orang Moi mulai bicara tentang adat. Menurut sejarah yang diceritakan
oleh para orang tua adat, peradaban orang Moi. Teges Malamoi adalah wilayah
dimana orang-orang Moi pertama tinggal, kemudian berkembang dan mulai melakukan
migrasi ke Manokwari, Teminabuan, Ayamaru, dan Kepulauan Raja Ampat. Dan diseruh tanah papaua suku yang sifat
lemah,lembut seperti orang jawa cuman kita suku moi.
D.
Hutan Adat
Bagi kami di
komunitas masyarakat adat suku moi kami
mempunyai dua hutan adat yang
bisa di kelola untuk berkebun berladang, dan ada juga yang tidak bisa di kelola
Seperti hutan keramat sungai, gunung
kali.” yang di anggap sakral bagi komunitas adat suku moi, Kasus dimasyarakat
adat yang seringkali terjadi masayarakat adat mengadakan aksi demo ke pihak
pemerintah demi menjaga,dan melindungi dari berbagai anmacan investor
luar yang ingin mengambil atau merampas
hutan Adat.
Hukum Adat
Hukum adat di Komunitas
masayarakat adat suku moi sangat barat aturan adat masih diakui keberadaannya
dan dianggap mempunyai kekuatan hukum yang cukup efektif. Sehingga dapat
mengakomodir potensi adat dalam penegakan sanksi, hukum adat maka perlu
dilakukan, pada masyarakat adat suku moi
demi menjaga wilayah dan hutan
adat di Komunitas moi kabupaten sorong.Dan
hukum adat juga sebagai sala satu peraturan yang di terapkan di komunitas adat
suku moi klim terkait masala pembayaran
maskawin,pelanggaran persinahan dan pembunuhan yang di terapkan di komunitas
adat. Dan aturan adat sapapun dia harus mematuhi hukum adat yang berlaku di
suku moi .
Wilayah Adat Suku Moi
Wilayah adat Suku
Moi, merupakan sebagian besar wilayah adat diKabupaten Sorong dan Kota Sorong,
Provinsi Papua Barat, yang sudah dilakukan pemetaan partisipatif. Upaya ini
untuk menegaskan kembali wilayah adat yang sudah terancam oleh perusahaan
minyak Petrochina dan perkebunan sawit. Yang beroperasi diwilayah Masyarakat
adat Suku moi
Moi memiliki 10 sub suku dengan batasan masing-masing. Sub suku
ini terbagi menjadi 100 marga besar dan marga kecil disebut gelet.Di antara sub
suku Moi ini antara lain, Moi Kalasa, Moi Kalagedi, Moi Malamsimsa, Moi Amber,
Moi Malayik, Moi Seget, Moi Kelim, Moi Walala, Moi Abun, Moi Malaibin. Hanya
beberapa sub Suku Moi dikenal luas, khusus di Kabupaten Sorong. “Suku Moi
menyebar hampir di semua wilayah kepala burung Papua.”
ALIANSI MASYARAKAT ADAT NUSANTARA
PD AMAN SORONG MALAMOI
SUKU MOI
DI BAGI MENJADI 9 SUB SUKU DAN MARGA
Jalan :
Moyo KM. 12 Kelurahan Klasaman Distrik
Sorong Timur Provinsi Papua Barat
I. Moi Kalasa
1. Bisulu
2. Do
3. Gifelem
4. Lagu
5. Malawok
2. Do
3. Gifelem
4. Lagu
5. Malawok
6. Malak
7. Malasumuk
8. Mulu
9. Pa
10. Salamala
7. Malasumuk
8. Mulu
9. Pa
10. Salamala
11. Sani
12. Sawisa
13. Siwele
14. Ulim kalapoto
15. Ulimpa
12. Sawisa
13. Siwele
14. Ulim kalapoto
15. Ulimpa
II. Moi
Kalagedi
1. Kadakolo
2. Kalami
3. Kalasuat
4. Kalawin 5. Magablo
6. Mainolo
7. Mobalen
8. Mobilala 9. Ulim
10. Wali
11. Idik
2. Kalami
3. Kalasuat
4. Kalawin 5. Magablo
6. Mainolo
7. Mobalen
8. Mobilala 9. Ulim
10. Wali
11. Idik
III. Moi Malamsimsa
1.Bewela
2. Sani
2. Sani
3. Kalagison
4. Malabalus
4. Malabalus
5. Malasalim
6. Kawamtu
7. Moi Amber 1. Kalaibin
8 Kalaluk
9. Kalawi
6. Kawamtu
7. Moi Amber 1. Kalaibin
8 Kalaluk
9. Kalawi
10. Malaseme
11. Malibela 6. Mili
12. Osok
11. Malibela 6. Mili
12. Osok
VI. Moi Malayik
1. Bisi
2. Kalawaisa
3. Kalawen
4. Komala
2. Kalawaisa
3. Kalawen
4. Komala
5.
Semugu
6. Aksili
7. Malagili 8. Maga
9. Malagam
10. Mamerni
6. Aksili
7. Malagili 8. Maga
9. Malagam
10. Mamerni
6. Moi Seget
1. Fedan
2. Felis
3. Fes
4. Funus
2. Felis
3. Fes
4. Funus
5. Gisim
6. Trik
7. Kalawom
8. Kami
6. Trik
7. Kalawom
8. Kami
9. Malakubu
10. Malalu
11. Sawak
12. Simi
10. Malalu
11. Sawak
12. Simi
7 Moi
Kelim
1. Fami
2. Gilik
3. Kalalu
4. Kalasibin 5. Kalamali
6. Kilala
7. Komigi
8. Kwaktolo
2. Gilik
3. Kalalu
4. Kalasibin 5. Kalamali
6. Kilala
7. Komigi
8. Kwaktolo
9. Samolo
10. Su
10. Su
11. U
12 Siwele
12 Siwele
1. Asrima
2. Balinsa
3. Dan
4. Galus
5. Keling
6. Ligik
7. Madewe
8. Malagifik
2. Balinsa
3. Dan
4. Galus
5. Keling
6. Ligik
7. Madewe
8. Malagifik
9. Mala
salim
10. Malawanutu
11. Minggin subu
12. Minggin tuak
13. Metla
14. Sekamuk
15. Sipolo
10. Malawanutu
11. Minggin subu
12. Minggin tuak
13. Metla
14. Sekamuk
15. Sipolo
16.
Tuwen
17. Ulala
18. Ulimene
19. Urini
20. Yempolo
21. Supukala
22. Patele
17. Ulala
18. Ulimene
19. Urini
20. Yempolo
21. Supukala
22. Patele
9 .Moi Abun
1. Suwalik
2. Mialim 3. Faam(yekwam)
4. Tiplu (yeblo) 5. Kibiy
10 Moi Malaibin (dalam)
1. Saden
2. Satenes
3. Kalagilila 4. Meder
5. Kampak
6. Kalafuyu
LAPORAN AKHIR
MAGANG GELOMBANG I ANGKATAN2016
ALIANSI
MASYARAKAT ADAT NUSANTARA
PD AMAN
SORONG MALAMOI
Jln. Moyo KM 12 Klasaman Kota Sorong
Distrik Sorong Timur
Nama
NamaKomunitas
Fokus Magang
|
: Ferdinand Siwele
: Moi Kelim
: Infokom
|
(PB. AMAN) Aliansi Mayarakat Adat
Nusantara
Alamat : Jalan. Tebet Timur Dalam
Raya No 11 A Jakarta Selatan
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Tuhan
Yang Maha Esa atas segala rahmatNYA sehingga makalah ini dapat tersusun hingga
selesai . Tak lupa kami juga mengucapkan banyak terimakasih atas bimbingan,selama
mengikuti pelatihan magang Gelombang I Angkatan 2016 dari Pengurus Besar
Aliansi Masyarakat Adat Nusantara ( AMAN) Yang beralamat Jalan . Tebet Timur
Dalam Raya Nomor 11 A Jakarta Selatan.
Dan kami mengucapkan banyak terima kasih
atas segala motifasi dalam mendidik dan melatih yang belum bisah menjadi bisah,
sumbangan baik materi maupun pikirannya.Dan harapan kami semoga laporan ini
dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, Untuk ke depannya
dapat memperbaiki bentuk maupun menambah isi makalah agar menjadi lebih baik
lagi.
Karena keterbatasan
pengetahuan maupun pengalaman kami, Kami yakin masih banyak kekurangan dalam
laporan magang yang kami buat ini, Oleh
karena itu kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari
pembaca demi kesempurnaan laporan magang ini.
Kami secara pribadi
mengucapkan banyak terima kasih kepada Kepala Sekolah mgang yang slama ini membimbing
kami mengikuti pelatihan selama magang di jakarta.
1.
Armansyah Dore, S. Sos, M.si.
2.
Jeffar Lombang Gaol
3.
Riky Abrizal
Jakarta,28- Juni 2016
Ferdinand Siwele
Dafta isi
A. PENDAHULUAN
a. Ceritakan tentang siapa diri anda secara singkat.
b. Ceritakan tentang kampung/komunitas adat anda secara singkat. ambil hal
yang paling menarik
c.
Mengapa berminat ikut Magang
d. Apa alasannya anda memilih focus Magang misal Direktorat A
B.
PROSES MAGANG DI AMAN
a. Apa yang dikerjakan di Direktorat masing - masing
b. Kegiatan yang diikuti yang dilaksanakan oleh AMAN dan elemen-elemen
organisasi
c. Kegiatan yang diikuti yang dilaksanakan bukan oleh AMAN
d. Pembelajaran apa yang didapatkan
C.KENDALA-KENDALA YANG
SAYA ALAMI
a.
Kendala tekhnis berupa keterbatasan
fasilitas
b.
Kendala komunikasi baik sesama peserta maupun
dengan yang lainnya
c.
Kendala lainnya yang menghambat proses
belajar selama pendidikan magang berlangsung
D. REKOMENDASI
a.
Rekomendasi untuk pelaksana magang
b.
Rekomendasi untuk PB AMAN
c.
Rekomendasi untuk peserta magang
selanjutnya
E.TINDAK LANJUT SAYA
a.
Apa yang anda rencanakan setelah kembali
ke Komunitas/PD/PW masing-masing
b.
Jelaskan dengan alur “Tujuan – Program
Kerja – Aktivitas – Hasil yang diharkan”.
F. PENUTUP
a.
Kesimpulan dan
saran
A.PENDAHULUAN
Nama saya Ferdinand Siwele berasal dari PD AMAN Sorong Komunitas Suku Moi Kelim berada di Provinsi Papua Barat, Kabupaten Sorong, Kecamatan Moraid Saya
dilahirkan di Mega pada 17 Agustus 1989 Saya anak Kelima Ayah Korinus Siwele dan Ibu Dorkas Malamuk kami lima bersaudara.
Pendidikan terakhir saya adalah S1 Komputer di Universitas Victory Sorong. Saya menempuh
pendidikan selama 4 tahun.
B.Sejarah komunitas adat Suku Moi
Menurut Ketua Lembaga Adat Suku Bapak Silas
Kalami.”Bawah sejarah yang
diceritakan oleh para orang tua adat,peradaban suku Moi berawal dari dua
kekuatan: yaitu Tambrau dan Maladofok. Tambrau adalah sebagai kekuatan untuk
Laki-laki dan Maladofok adalah sebagai kekuatan untuk Perempuan.Tamrau dan
Maladofok merupakan kedua tempat keramat suku Moi yang dipercayai mengandung
kekuatan magis yang tidak bisa dilewati oleh sembarang orang,selain yang
memiliki kemampuan dan kekuatan khusus.Di kedua tempat ini terdapat sejumlah
benda keramat berbentuk panci,wajang,kapak,dan lani- lain.
Karena dipercaya sebagai tempat keramat dan pusat peradaban suku Moi
pertama kali dalam legenda peradaban suku-suku di Papua,dengan demikian maka
kedua tempat ini dijaga dan dihormati oleh suku-suku Moi sampai sekarang.Jika
ada pihak luar yang mencoba menganggu maka suku-suku Moi akan marah dan
melakukan tindakan untuk mengusir pihak luar tersebut. ** Ferddy Siwele
Sejarah Komunitas Malamoi
S
Malamoi berasal dari dua suku kata: MALA yang berarti gunung atau dataran
luas, dan MOI yang berarti halus, lembut. Kata ini lahir pada saat orang Moi
mulai bicara tentang adat. Menurut sejarah yang diceritakan oleh para orang tua
adat, peradaban orang Moi. Teges Malamoi adalah wilayah dimana orang-orang Moi
pertama tinggal, kemudian berkembang dan mulai melakukan migrasi ke Manokwari,
Teminabuan, Ayamaru, dan Kepulauan Raja Ampat. Dan diseruh tanah papaua suku
yang sifat lemah,lembut seperti orang jawa cuman kita suku moi.
ALASAN IKUT MAGANG
Alasan saya ikut magang di PB AMAN adalah saya ingin belajar dan ingi
mengetahui bagaimana membentuk jati diri yang sesungguhnya sebagai masyarakat
adat yang memperjuangkan hak-hak kita yang berada dikomunitas yang mana pada saat ini sudah banyak
dipengaruhi dari pihak luar,yang saya alami di Papua banyak generasi mudah yang
sudah lupa dengan budaya dan tradisi,mereka udah rasa mender dengan budaya
mereka,maka dari itu saya ingin pulang memberikan pemahaman kepada generasi
mudah yang sudah peduli dengan tradisi mereka.
ALASAN SAYA FOKUS MAGANG INFOKOM
Alasan saya magang Infokom adalah karena pada saat ini PD AMAN membutuhkan
orang yang bisa mengelola sistem infokom sehingga kegiatan di masyarakat adat
di bisah dibaca semua publik Saya juga
ingin memperbaiki tata kelola Informasi yang ada di PD AMAN sorong malam Moi
bisah menjadi yang lebih baik dan di kenal oleh semua komunitas ada di se
nusantara.
PROSES MAGANG DI AMAN
Apa yang dikerjakan di Direktorat masing -
masing
Yang saya lakukan selama magang di rektorat
Infokom menulis berita, meliput berita. Menulis sejarah kampung saya, dan
bagaiman cara teknis menulis yang benar. Dengang menggunakan 5 W 1 A, selama di AMAN di suruh entri Profil Komunitas
Masyarakat Adat ,di suruh mengerjakan daftar hadir persiapan konggres AMAN 17 diMeden.
Kegiatan yang diikuti yang dilaksanakan oleh AMAN dan elemen-elemen
organisasi
Selama magang di AMAN pernah terlibat diri mengikuti
kegitan AMAN Festival di Kabupaten Cibatur Kecamatan Cinta Mani, Provinsi
Denpasar Bali pernah melibatkan diri dalam kegiatann Temu Nasional Perempuan
AMAN di BOGOR Gumati, kegiatan hari
ulang tahun Masyarkat Adat di jakarta,pernah mengikuti kegiatan rapat kerja
perempuan aman di jakarta.
Kegiatan yang diikuti yang dilaksanakan bukan
oleh AMAN
Pernah mengikuti kegiatana papua itu kita
yang di selengarakan di Taman Ismail Marzuku yang ikutkan perserta dari papua
dalam mengisih acara papua itu kita dan
juga mengikuti sidang DPR RI bersama AMAN, Pameran Noken papua
Pembelajaran apa yang didapatkan
Selama mengikuti magang di PB
AMAN yang sudah di dapat
pengenalan struktur oraganisasi AMAN dan fungsi kerja masing masing, dan materi
umam tentang organisasi AMAN, materi tengtang pengenalan organisasi BPAN,pengenalan,oraganisasi
kerja perempuan AMAN pengenalan PPAMAN,mengenai fungsi kerja pengenalan materi
keaman oraganisasi AMAN. Dan bidang infokom bagaimana cara melatih menulis
berita yang benar,yang bisa di mengerti semua orang para pembaca,semoga semua
materi yang saya dapatkan menjadi bekal untuk pulang ke komunitas bisah menjadi
pengetahuan salam magang di PB AMAN
C KENDALA-KENDALA YANG SAYA ALAMI
Kendala
tekhnis
§ Kendala tekhnis yang saya alami yaitu:
§ kurangnya fasilitas komputer yang menyebabkan kami para peserta magang
tunggu-menunggu untuk penggunaan computer,karena
saya juga mengalami
Kendala komunikas
Kendala komunikasi dengan peserta magang
penggunaan bahasa yang kadang menyulitkan kami
untuk memahami apa yang teman-teman sampaikan.
D REKOMENDASI
Rekomendasi untuk
pelaksana magang
Jadwal materi umum dengan jadwal dengan
direktorat msing-masing lebih diperhatikan lagi sehingga tidak bentrok jadwal
materi dengan direktorat
Rekomendasi untuk PB AMAN
Kurangnya fasilitas untuk peserta magang seperti komputer
Jadwal materi umum dengan direktorat lebih diperhatikan lagi
Rekomendasi untuk peserta magang selanjutnya
Cara pemberian materi dengan direktorat
masing-masing lebih diperhatikan lagi agar jadwalnya tidak bertabrakan.
E TINDAK LANJUT SAYA
Tindakan yang
saya lakukan setelah ke komunitas saya adalah:
Saya akan
bekerja dikomunitas maupun di PD AMAN Sorong dengan mengelola Informasi dengan maksimal dan bisah di baca semua
komunitas tentang kegiatan di komunitas masyarakat adat suku moi
Saya akan berusaha memperbaiki sistem infokom di PD AMAN Soro.ng Malamoi biar lebih baik
Saya akan berbagi pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan di PB AMAN
kepada teman-teman dikomunitas suku moi biar kita bisah mampu mengelolah informasi di komunitas kami
Tujuan Yang Diharapkan
Laporan Akhir
|
|||
Tujuan
|
Program kerja
|
Aktivitas
|
Hasil Yang Diharapkan
|
Memperbaiki
progrm
kerja di PD AMAN Sorong Malamoi biar lebih baik
|
Progam kerja yang nanti di lakukan pertama, saya akan membuat laporan
pengajuan anggaran dana ke Pemerintah terkait dalam pembuatan pelatihan menulis
berita kepada generasi mudah suku Moi sehingga informasi mereka bisah mengelolah
informasi atau berita dan saya akan mengunang narasumber yang memberikan
materi tentang cara menulis berita yang baik tentang cara membuat lilis dan
webite biar kami di PD AMAN Sorong Malamoi juga mempunyai website yang baik informasi
berita yang bisa di baca semua komunitas.
|
Memberikan
traning kepada Anggota AMAN tentang cara mengolah berita atau informasi yang terjadi
di komunitasnya
|
Semoga apa yang selama magang di
AMAN itulah yang saya akan laksanakan di komunitas PD AMAN Sorong Malamoi
dengan maksimal mungkin dengan sepengetahuan saya sehingga menjadi motivasi
kepada semua komunitas adat di Sorong Malamoi.
|
F.PENUTUP
KESIMPULAN
Setelah
penulis membahas secara keseluruhan mengenai proses magang gelombang pertama
tahun 2016 penulis dapat mengambil kesimpulan:
Proses pelaksanaan magang gelombag pertama
tahun 2016 sudah cukup baik.
Fasilitas yang masih kurang (komputer).
Sebaiknya waktu untuk materi dengan
direktorat masing-masing lebih diperhatikan lagi karena fokus pertama adalah magang di bidang yang
mereka rekomendasikan dari pengurus wilayah bahkan Daerah jadi hal itu harus di
perhatiakn lebih maksimal direktorat masing –masing karena mereka yang magang
di PB AMAN menjadi pengerak di komunitas masing- masing kalau tidak ada
pelatihan yang baik ruting mereka kembali ke AMAN mau terapkan apa di komunitas
masing di pengurus Daera.
SARAN
Kalau bisah magang ini jangan mereka fokuskan di
kantor saja, seperti magang infokom harus di bawah ketempat yang sering
bermasalah kasih mereka liput sehingga mereka bisah tahu tentang cara menulis berita atau meliput kasus yang
sering terjadi di komunitas masyarakat adat.
Demikian saran dan masukan yang diberikan semoga
menjadi bahan evaluasi bersama,dalam pengurs besar Aliansi Masyarakat Adat
Nusantara.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusThe Casino | DRMCD
BalasHapusThe Casino is located at 경산 출장안마 the intersection of 평택 출장마사지 the Feathers Highway and Feather River. Casino type: gaming 여수 출장안마 and sportsbook. The casino 순천 출장안마 offers over 5,000 slots, 익산 출장마사지